JS Awetive - шаблон joomla Joomla

Saya Tidak Tahu Masalah Saya Apa?

 

8 Saya Tidak Tahu Masalah Saya Apa

 

Kasus ini saya angkat berdasarkan fakta yang terjadi dalam sesi hipnoterapi dengan tujuan untuk berbagi kepada para pembaca bahwa yang namanya program pikiran masa lalu bisa mengganggu atau mensabotase diri di masa saat ini. Nama dalam tulisan ini sengaja tidak saya sebutkan dan tidak pula merujuk pada satu orang. Hal ini dikarenakan cerita-cerita yang akan saya sampaikan berikutnya merupakan sebuah cerita yang saya satukan dan diambil dari beberapa kasus yang memiliki kemiripan yang sama. Selamat menikmati…

 

“Saya tidak tahu ada apa dengan diri saya, tapi saya merasa ada sesuatu yang salah dan saya tidak tahu apa itu…” ujarnya, “saya bekerja jadi tidak maksimal dan rasa ini benar-benar mengganggu saya setiap hari”, itulah curahan hati yang diceritakan oleh salah satu klien kami. Terlihat jelas kegundahan di raut wajahnya,  sepertinya ia sudah putus asa menghadapi kegundahan yang ia alami tersebut. Ia pun meneruskan, “saya sudah berkonsultasi dan melakukan sesi terapi, namun masih saja rasa ini hadir namun saya tidak tahu apa penyebabnya?”. Saya pun kemudian menanyakan seperti apa dampaknya? Ia menjawab, “saya selalu kandas untuk bisa dekat dengan wanita, saya sudah di beri surat peringatan (SP) oleh kantor saya agar bekerja bisa lebih baik lagi, sepertinya hidup saya tidak punya arah dan tujuan”.

 

Ternyata, dirinya merasa bahwa pekerjaan dan cinta adalah hal yang sangat berarti dan kedua-duanya saat ini tidak bisa diraih. “Sewaktu kecil dahulu saya pernah secara tidak sengaja menyakiti kakak dan saya sangat menyesal sekali, yakni memasukkan korek api ke kuping kakak hingga berdarah. Saya sangat menyesal walaupun kakak sebenarnya telah memaafkan saya”.

 

Demikian ingatan yang timbul manakala ia mencoba mengingat kembali pengalaman yang tidak menyenangkan di masa lalu. Namun apakah itu penyebabnya? Apakah ada korelasi antara sabotase diri di tempat kerja atau kandas menjalin asmara dengan kejadian korek api masuk ke dalam kuping hingga berdarah? Tentu anda bisa menebak…tidak ada korelasinya bukan?


Ia pernah menolak untuk segera menikah dengan kekasihnya, alasannya adalah karena ingin bekerja terlebih dahulu, namun akhirnya malah si kekasih meninggalkan dirinya dan menikah dengan orang lain. Dirinya merasa menyesal mengapa dahulu tidak segera menikah malah menunda. Akhirnya, dampak dari penyesalan yang ia rasakan adalah di waktu bekerja ia inginnya selalu menunda dan tidak ingin menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Merasa masih ada yang perlu diperbaiki dan selalu saja tidak pernah selesai. Sedangkan dalam hubungan asmara, ia merasa selalu ada yang kurang dengan calon atau kekasihnya dan ingin selalu semua sempurna. Ia menjadi terlalu banyak pertimbangan dan akhirnya rencana ke pelaminan selalu saja gagal.

 

Sekarang ia sudah tahu apa penyebab dari masalahnya saat ini, namun masalah yang lain baru saja timbul…dari mana pikiran “suka menunda” dan “selalu ingin sempurna” ini hadir? 

 

Berbicara tentang hipnoterapi, maka biasanya terapis akan mencoba menggali apa yang telah terjadi pada diri kliennya di masa lalu. Pada dasarnya, diri kita hari ini terbentuk akibat pemrograman pikiran masa lalu kita sendiri, dari apa yang kita lihat, dengar dan rasa setiap hari. Maka dari itu, proses mencari dan mengkaitkan masa lalu dengan masa kini menjadi bagian yang diutamakan. Salah satu teknik hipnoterapi terbaik untuk menjangkau hal tersebut adalah dengan meminta klien untuk rileks yang dalam dan menghadirkan ingatan masa lalu atau yang dikenal dengan istilah “regression”.

 

Seringkali pikiran bawah sadar seseorang tidak dapat langsung terbuka dan mau menceritakan seperti apa masa lalu yang kurang menyenangkan yang terjadi terhadapnya. Hal ini bisa disebabkan karena masa lalu yang ditutup rapat-rapat itu merupakan peristiwa yang sangat traumatik dan bisa berakibat buruk jika diungkapkan. Misalkan, harga diri yang pernah hancur, kemarahan yang amat sangat, menimbulkan kebencian atau rasa sakit yang tidak mungkin terlupakan, dsb. Untuk itu perlu dilakukan pendekatan-pendekatan theurapeutic yang mampu menjangkau pikiran bawah sadar, yaitu agar mau bekerja sama membuka dan menceritakan pengalaman masa lalu yang sebelumnya ditutup rapat-rapat tersebut.

 

(Ditulis oleh Adam Hidayat)

 

Tertarik melakukan hipnoterapi ?

Silahkan lakukan pendaftaran online di sini, tim kami akan segera menghubungi anda.

Read 1339 times Last modified on Saturday, 22 April 2017 03:00
Rate this item
(1 Vote)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Lokasi Praktek

Contact us

Icon putih

021-8318690 / 83705469

0812-8685-5700

Gd. Mantika, Jl. Tebet Raya 9G

Jakarta Selatan

JoomShaper