JS Awetive - шаблон joomla Joomla
Psikiater, Psikolog Atau Hipnoterapi? Psikiater, Psikolog Atau Hipnoterapi? Psikiater, Psikolog Atau Hipnoterapi?

Psikiater, Psikolog Atau Hipnoterapi? Featured

Psikiater, Psikolog atau Hipnoterapi – Bagi anda yang memiliki permasalahan atau gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, ketakutan, trauma, phobia, tidak memilik kepercayaan diri, dan sebagainya, mungkin bingung harus kemana untuk menyelesaikan permaslaahan anda. Tulisan ini dibuat untuk memberikan gambaran kepada anda mengenai perbedaan Psikiater, Psikolog dan Hipnoterapi.

Pertama-tama yang akan kita bahas adalah Psikiater. Untuk bisa menjadi seorang Psikiater di butuhkan pendidikan khusus yakni harus menempuh pendidikan kedokteran umum dan juga di lanjutkan dengan spesialisasi di kedokteran jiwa. Sehingga seorang Psikiater akan bergelar dr. (nama), Sp.KJ. Wewenang yang dimiliki oleh seorang Psikiater adalah memberikan pengobatan kepada pasien yang mengalami kesehatan mental dan juga memberikan resep obat.

Selanjutnya adalah Psikolog. Untuk menjadi seorang Psikolog dibutuhkan pendidikan khusus yakni kuliah mengambil jurusan psikologi dan ditambah magister profesi psikolog. Sehingga gelar seorang psikolog adalah (nama), S.Psi, M.Psi. Wewenang yang dimiliki oleh seorang Psikolog adalah menangani klien yang berhubungan dengan permasalahan kesehatan mental dan juga memberikan tes psikologi tertentu untuk mengetahui kondisi klien.

Seringkali mereka yang memiliki permasalahan dengan kesehatan mental tidak mengetahu apa yang di derita oleh mereka sendiri. Sehingga mereka perlu datang ke Psikolog untuk mengutarakan permasalahan yang mereka hadapi dan Psikolog akan menganalisa serta menentukan permasalahan kejiwaan yang sedang dialami. Yang selanjutnya adalah Hipnoterapi. Hipnoterapi adalah bagian dari yang namanya Terapi dimana fokus pada proses penyembuhan. Untuk menjadi seorang Hipnoterapist membutuhkan sertifikasi tertentu yang dikeluarkan oleh lembaga pelatihan dan juga harus mendapat pengakuan dari Negara. Seorang Hipnoterapist bisa memperoleh setifikasi dari berbagai lembaga namun untuk menjadi seorang Hipnoterapist harus mengikuti uji kompetensi therapist dari lembaga yang diakui oleh negara. Lembaga yang berwenang untuk memberikan sertifikasi profesi ini di Indonesia hanya ada dua yakni PRAHIPTI dan PKHI.

Lalu harus kemana jika anda memilik permasalahan kesehatan mental?. Jawabannya adalah bergantung dari apa yang ingin anda selesaikan dengan permasalahan anda karena pada dasarnya baik seorang Psikiater, Psikolog maupun Hipnoterapi akan membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang anda alami. Jika anda membutuhkan obat di dalam penyembuhan maka bisa datang ke Psikiater. Jika anda ingin mengetahui permasalahan apa yang sedang anda hadapi dan juga solusinya maka bisa datang ke Psikolog. Jika anda ingin fokus pada proses penyembuhan maka Hipnoterapi bisa menjadi rujukannya.

Semoga artikel ini bermanfaat…

 

Hipnoterapijaksel

Read 1522 times Last modified on Monday, 15 November 2021 01:15
Rate this item
(0 votes)

Lokasi Praktek

Hubungi Kami

logowaok

0812-8685-5700

Rumah Hipnoterapi Adam Hidayat

Jl. Masjid Al-Khoiriyah No.1, RT.3/RW.O1,

Pinang Ranti, Kec. Makasar, akarta Timur

JoomShaper