JS Awetive - шаблон joomla Joomla
Hipnoterapi Untuk Anak Kecanduan Games Hipnoterapi Untuk Anak Kecanduan Games Hipnoterapi Untuk Anak Kecanduan Games

Hipnoterapi Untuk Anak Kecanduan Games Featured

Hipnoterapi untuk anak kecanduan games.- Saat ini bahaya kecanduan games sudah bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh orang tua yang memiliki anak kecanduan games. Beberapa tahun lalu kecanduan games masih dianggap sepele karena akses internet yang masih terbatas dan harga handphone yang masih belum terjangkau. Sejalannya waktu ketika masuk pandemi covid 19 hampir semua pelajar (anak-anak) diharuskan memiliki handphone untuk aktifitas belajar bahkan sarana internet dipermudah oleh pemerintah.

Hampir di setiap lorong jalan di perumahan yang padat bisa dilihat anak-anak memegang handphone sedang asik bermain games. Bahkan beberapa anak mampu membeli dengan uang jajan mereka hanya untuk mendapatkan akses lebih dengan permainan games yang disediakan oleh provider di took-toko minimarket. Alhasil permainan games menjadi sangat menarik dan menantang. Lupa waktu bahkan tidak jarang ada yang tidak mau belajar lagi karena saking asiknya bermain games. Bahkan yang lebih parah tanpa disadari emosi anak menjadi tidak stabil akibat permainan games tersebut.

Bagaimana langkah-langkah yang bisa di lakukan oleh orang tua kepada anak-anak yang sudah kecanduan dengan games tersebut?. Tidak jarang orang tua yang akhirnya tidak sabar atau merasa kesal dengan perubahan perilaku kepada anak yang kecanduan games. Rasa benci, kesal, marah, bahkan emosi di tujukan ke anak. Sudah tidak tahu lagi harus bagaimana untuk mendidik anak yang kecanduan dengan games. Pertama-tama yang harus disadari adalah perilaku anak tersebut adalah hasil dari didikan anda juga. Sadari bahwa selama ini secara tidak sadar anda membiarkan anak anda mengisi waktunya dengan bermain games. Anda yang membuat anak bermain dengan akses yang mudah dan waktu yang tidak terkontrol. Oleh karena itu anda-lah yang harus bertanggung jawab. Sehingga rasa benci, kesal, kesal kepada anak atas perilakunya tersebut adalah kurang tepat.

Sekarang saatnya untuk mengambil tindakan yang terukur, terencana dan bisa mengarahkan anak kepada hal-hal yang anda inginkan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar anak tidak terpengaruh dengan games diantaranya adalah :

  1. Sedikit demi sedikit alihkan perhatiannya dengan handphone. Mulailah buat perjanjian dengan anak kapan anak bisa bermain Handphone dan kapan anak tidak boleh bermain.
  2. Bantu temukan aktifitas lain jika anak tidak diiperbolehkan bermain handphone. Jangan melarang anak namun tidak membantunya mengalihkan perhatiannya dari handphone tersebut.
  3. Temukan aktifitas yang menyenangkan bukan aktifitas rutin yang ia lakukan sehari-hari. Jika aktifitas baru akan membuatnya senang maka secara perlahan-lahan ia akan mulai bertanggung jawab untuk juga menyelesaikan aktifitas lainnya tersebut. Dengan syarat anda yang harus mengarahkan sedikit demi sedikit ke aktifitas rutinnya tersebut seperti; belajar, ibadah, membantu orang tua, membersihkan rumah, dan sebagainya.
  4. Aktifitas baru yang bisa membaut anak berubah fokus dari bermain handphone diantaranya adalah; bersama-sama membantu anak menyalurkan hobinya, bagi sebagian anak banyak yang ingin menjadi youtuber sehingga membuat project baru berupa konten youtube bisa menyenangkan. Dimana didalamnya menuntut keterampilan untuk mengedit video, tampil, upload, dsb. Belajar mengendarai kendaran seperti motor atau mobil.
  5. Bangun keakraban dengan anak untuk menjalin komunikasi yang baik. Gunakan kesempatan yang ada untuk membangun kepercayaan anak kepada anda sehingga jika sudah terbangun komunikasi dan kepercayaan anda bisa mengarahkan anak dengan men-sugestikan hal-hal yang anda inginkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

Hipnoterapijaksel

Read 291 times Last modified on Tuesday, 30 November 2021 01:43
Rate this item
(0 votes)

Lokasi Praktek

Hubungi Kami

logowaok

0812-8685-5700

Rumah Hipnoterapi Adam Hidayat

Jl. Masjid Al-Khoiriyah No.1, RT.3/RW.O1,

Pinang Ranti, Kec. Makasar, akarta Timur

JoomShaper