JS Awetive - шаблон joomla Joomla

Sulit Tidur Dan Cara Mengatasinya Featured

Sulit tidur dan cara mengatasinya. – Sulit tidur atau Insomnia dapat dikatakan sebagai kondisi susah tidur, sulit mempertahankan kondisi tidur yang diinginkan, gangguan pada tidur dan hal-hal lain yang menyebabkan anda mengalami kesulitan untuk bisa terlelap tidur di waktu-waktu yang normal. Waktu yang normal untuk tidur adalah di malam hari. Banyak orang yang mengalami kegelisahan bahkan kepanikan ketika waktu tidur mereka mengalami perubahan bahkan sama sekali tidak bisa memejamkan mata.

Faktor utama dari insomnia dapat disimpukan karena beberapa faktor psikologis seperti, stress, cemas, over thinking, depressi, gelisah, baru-baru saja memikirkan sesuatu yang tidak menyenangkan, dan sebagainya. Jika anda mengalami insomnia maka harus segera merubah pola pikir anda dan menjadikan diri anda tetap bisa tenang dan rileks terutama di dalam menghadapi permasalahan yang terjadi dalam hidup. Memang bagi sebagian orang apalagi yang sudah terbiasa dengan pola pikir cemas dan over thinking maka hal ini akan menjadi sulit. Oleh karenanya sangat disarankan untuk berkonsultasi atau melakukan sesi terapi untuk mengurangi kecemasan dan over thinking tersebut.

Hal lain yang harus di lakukan adalah merubah pola hidup menjadi lebih baik. Banyak para pakar kesehatan yang menyarankan bagi para penderita insomnia untuk merubah pola hidup seperti dengan berolahraga, menjauhi kecanduan terhadap rokok dan juga alkohol, menjaga pola makan yang seimbang, dan sebagainya. Ada dua manfaat yang bisa dirasakan langsung dari perubahan hidup tersebut diantaranya adalah membantu mengurangi dampak psikologis seperti yang sudah diuraikan diatas dan yang ke dua adalah menjadikan tubuh mampu membantu memulihkan dirinya sendiri untuk menjadi kembali ke kondisi normal. Jika anda sulit untuk merubah pola pikir maka dengan merubah pola hidup sebenarnya pola pikir akan terbantu memulihkan dirinya sendiri.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas perlu diketahui pula bahwa para penderita insomnia harus bisa mengenali dirinya sendiri untuk bisa kembali ke kondisi normal. Beberapa hal yang sering di temukan di dalam terapi insomnia adalah :

  1. Banyak penderita sulit tidur atau insomnia yang hanya mengeluh dengan kondisi tidur mereka namun mereka tidak memperhatikan tanda-tanda yang disampaikan oleh tubuh mereka sendiri. Tanda-tanda tersebut adalah bahwa mereka butuh untuk bisa hidup lebih tenang dan tidak stress, tidak cemas, tidak over thinking dan sebagainya. Atau tanda bahwa mereka butuh merubah pola hidup.
  2. Penderita insomnia banyak yang merasa ngantuk di luar jam tidur karena mereka tidak bisa tidur di waktu yang diinginkan hingga akhirnya mereka tertidur atau sebaliknya tidak bisa tidur sama sekali. Bagi yang bisa terlelap tidur maka harus di pahami bahwa anda sedang membuat pola baru sehingga harus di kurangi secara bertahap waktu tidur tersebut. Bagi yang tidak bisa tidur sama sekali maka tetap harus mengganti waktu tidur yang hilang dengan memperhatikan waktu tidur yang utama yaitu di malam hari.
  3. Pastikan kondisi tubuh benar-benar butuh tidur ketika akan tidur dan bukan tidur karena terbiasa mengantuk di waktu-waktu tertentu. Disini perlu diperhatikan bahwa ketika akan tidur tubuh benar-benar lelah dan memejamkan mata lalu terlelap tidur adalah solusinya. Pastikan kondisi ini terjadi di malam hari.
  4. Waspadai kantuk palsu yakni merasa mengantuk namun sebenarnya tidak harus tidur. Seperti, anda tidak melakukan aktifitas yang melelahkan namun rasanya seperti ada kantuk. Hal ini ditandai aktifitas “menguap” (yawning) terjadi berulang-ulang. Jika hal ini terjadi maka gunakan untuk mengisi aktifitas yang bisa membuat tubuh lelah.
  5. Hindari tidur di waktu yang tidak baik untuk tidur seperti waktu peralihan antar waktu pagi dan sore hari. Di pagi hari yakni dikisaran jam 7 sampai jam 10 dan di sore hari yakni di jam 4 hingga waktu menjelang malam. Waktu terbaik untuk pengganti tidur jika dibutuhkan adalah tidur dikisaran sebelum jam 12 yakni bisa di jam 11 atau sesudah jam 1 siang. Usahakan tidur secukupnya saja agar bisa tidur kembali di malam hari.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Hipnoterapijaksel

Read 947 times Last modified on Wednesday, 08 December 2021 22:40
Rate this item
(0 votes)

Lokasi Praktek

Hubungi Kami

logowaok

0812-8685-5700

Rumah Hipnoterapi Adam Hidayat

Jl. Masjid Al-Khoiriyah No.1, RT.3/RW.O1,

Pinang Ranti, Kec. Makasar, akarta Timur

JoomShaper