JS Awetive - шаблон joomla Joomla
Masih Sering Cemas? Lakukan Teknik Ini! Masih Sering Cemas? Lakukan Teknik Ini! Masih Sering Cemas? Lakukan Teknik Ini!

Masih Sering Cemas? Lakukan Teknik Ini! Featured

Masih Sering Cemas? Lakukan Teknik Ini!.- Beberapa orang yang mengalami kecemasan berlebihan (anxiety disorder) seringkali mereka terjebak oleh suasana hati yang membuat pikiran mereka semakin takut dan terus takut akan sesuatu. Takut ingin mengerjakan ini dan itu sehinga seperti ada sesuatu yang menahan. Ketakutan itu rasanya aneh namun perasaan tersebut sulit untuk dikalahkan.

Ketika pikiran mulai perlahan-lahan fokus dengan ketakutan maka secara tidak langsung pikiran sedang mengkondisikan seluruh perangkat tubuh untuk berhenti sejenak dan hanya fokus terhadap ketakutan itu saja. Jika diilustrasikan dengan sebuah gelombang (wave) indikator maka gelombang ini cenderung stabil dan membeku (freeze). Semua panca indera seperti diajak untuk hanya fokus pada satu hal saja dan hal itu adalah ketakutan. Menyadari pola pikiran yang terbentuk seperti ini maka tentu harus ada tindakan darurat (emergency action) agar pikiran tidak membeku dengan ketakutan tersebut. Lalu apa yang harus di lakukan?.

Ada istilah dalam NLP (Neuro Linguistik Programing) yang disebut dengan “break state”. Yaitu suatu ungkapan yang sering digunakan manakala pikiran sedang jenuh atau lelah terhadap sesuatu. Teknik break state ini sering dijadikan permainan pada saat acara seperti; workshop, seminar atau training untuk membantu pikiran lelah menjadi semangat kembali. Break state bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dan tidak harus melalui prosedur tertentu karena sejatinya dalam keseharian kita juga sering melakukan break state, seperti; menguap ketika lelah atau mengantuk, merentangkan tangan ke kiri dan ke kanan ketika terasa pegal, mengedipkan mata bekali-kali ketika lelah melihat cahaya di HP, dan sebagainya.

Jika break state merupakan aktifitas sehari-hari lalu mengapa para penderita cemas perlu melakukan break state?. Para penderita cemas seringkali pikiran mereka terbawa pada kondisi fokus (ketakutan) yang tidak jelas dan tanpa disadari. Ketika mereka sedang melakukan sesuatu tiba-tiba muncul rasa cemas entah dari mana. Oleh karenanya penting sekali untuk selalu mawas diri dan menyadari kapan kecemasan tersebut muncul. Pada saat menyadari bahwa sedang muncul kecemasan berupa pikiran-pikiran yang negatif tersebut maka disinilah break state dimainkan (to play the button). Caranya yakni dengan cara berteriak atau melompat.

Berteriak tidak selalu harus mengeluarkan suara yang bernada tinggi atau keras namun bisa juga dengan cara merusak nada suara yang dihasilkan pada saat pikiran memunculkan kalimat atas kecemasan tersebut. Misalkan muncul pikiran suara seperti ini; “waduh kok begini rasanya ya….kenapa aku jadi takut dan perasaan tidak enak begini”. Maka yang bisa anda lakukan adalah, ucapkan kembali kalimat tadi namun kali ini dengan menggunakan suara seperti Donald Bebek, atau suara kuda atau suara-suara lain yang aneh dan lucu. Ketika suara tersebut di ucapkan berulang-ulang maka gelombang fokus tersebut dengan sendirinya akan di rusak dan rasanya berbeda sehingga mengurangi rasa ketakutan itu sendiri.

Bagaimana dengan melompat?. Melompat bisa secara makan yakni menggerakan (mendorong) badan dengan bantuan kaki ke atas beberapa kali untuk menghasilkan sensasi rasa yang berbeda. Disarankan pada saat melompat fokus ke dua mata ke arah atas. Atau bisa melakukan teknik lain yakni seperti berjoget, jogging, berdansa sambal bernyanyi, dan sebagainya. Yang terutama adalah ada gerakan yang menimbulkan sensasi berbeda khususnya di bagian tubuh yakni berupa sensasi gerak. Jika anda saat ini mengalami kondisi cemas yang mengganggu dan membutuhkan Hipnoterapi maka silahkan hubungi kami di nomor 0812-8685-5700 dan kami akan bantu untuk menghilangkan kecemasan anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

 

Hipnoterapijaksel

Read 608 times Last modified on Thursday, 06 January 2022 00:57
Rate this item
(0 votes)

Lokasi Praktek

Hubungi Kami

logowaok

0812-8685-5700

Rumah Hipnoterapi Adam Hidayat

Jl. Masjid Al-Khoiriyah No.1, RT.3/RW.O1,

Pinang Ranti, Kec. Makasar, akarta Timur

JoomShaper