JS Awetive - шаблон joomla Joomla
Menghilangkan Serangan Panik Dalam Waktu Singkat Menghilangkan Serangan Panik Dalam Waktu Singkat Menghilangkan Serangan Panik Dalam Waktu Singkat

Menghilangkan Serangan Panik Dalam Waktu Singkat (1) Featured

Menghilangkan Serangan Panik Dalam Waktu Singkat.- Seringkali saya menemukan beberapa tulisan dan juga video tentang bagaimana tips cara menghadapi rasa cemas berlebihan atau panik bagi para penderita anxiety disorder. Banyak yang memberikan tips dan saran terutama yakni ketika cemas datang. Hal yang disarankan umumnya adalah dengan melakukan relaksasi pikiran dengan tahapan-tahapan seperti ; mencari tempat yang nyaman, lalu atur napas, pejamkan mata, memberikan sugesti hingga sampai merasakan rasa cemas tersebut hilang dan membuka mata kembali. Pertanyaannya adalah apakah teknik tersebut benar-benar bisa membantu ketika cemas tiba-tiba datang?. Di tulisan ini saya ingin mengulas bagaimana teknik penanganan cemas dan menambahkan pengalaman saya pribadi pada saat dahulu pernah mengalami gangguan kecemasan.

Tips seperti yang telah disampaikan diatas sangat bagus dan jika bisa dilaksanakan. Namun perlu diketahui pula bahwa tidak semua penderita cemas berlebihan memahami teknik relaksasi dengan urutan atau tahapan-tahapan seperti yang di sarankan tersebut. Bahkan ada yang takut atau khawatir jika tidak bisa membuka mata kembali jika mengikuti prosedur terapi tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa tips yang diberikan sepertinya kurang tepat dan perlu latihan-latihan untuk bisa menggunakannya.

Bagi penderita cemas berlebihan (anxiety disorder) seringkali sulit untuk bisa berfikir positf pada saat mereka terserang cemas. Oleh karenanya permasalahan ini dinamakan disorder (ada sesuatu yang tidak urut atau rusak). Sulit bagi mereka untuk bisa mengontrol pikiran mereka sendiri hingga bisa kepada pikiran normal. Butuh usaha (efforts) yang sangat besar bahkan seringkali gagal dan akhirnya tidak bisa berbuat apa-apa alias kalah dengan pikiran cemas itu.

Proses relaksasi pikiran yang disarankan sebenarnya baik jika sudah pernah dilakukan atau memahami prosedurnya. Atau jika di lakukan di ruang terapi dengan bantuan Hipnotherapist. Namun bagi mereka yang belum teredukasi ataupun pernah konseling mengenai permasalahan cemas maka akan sulit untuk menghilangkan serangan panik ini dalam waktu singkat. Lalu apa yang bisa di lakukan?. Ada dua hal yang bisa dilakukan jika anda belum memahami cara kerja pikiran dan belum pernah melakukan sesi terapi.

Yang pertama, teknik terbaik untuk bisa melepaskan beban kecemasan dalam pikiran adalah “berdamai dengan diri sendiri”. Maksudnya adalah dengan cara melepaskan rasa takut dan cemas tersebut dengan tingkat “kepasrahan” yang tinggi. Anda harus mengakui bahwa anda saat ini sedang dalam kondisi yang tidak tahu mengapa muncul perasaan cemas seperti ini dan oleh karenanya “pasrahkan” saja (nothing to lose). Terima diri anda apa adanya. Terima segala kekurangan yang ada pada diri anda sehingga anda merasa tidak ada sesuatu apapun yang di rugikan atas kecemasan ini. Buatlah perasaan anda benar-benar netral sama sekali. Tidak ada keberpihakan apakah berani atau takut. Anda lepaskan dan pasrahkan apapun yang akan terjadi saat ini. Biarkan yang terjadi biarlah terjadi dan anda tidak mempermasalahkan akan semua hal itu sama sekali. Anda terima dan pasrah 100%.

Biarkan proses menerima ini berlangsung beberapa saat hingga tidak ada pikiran negatif sama sekali hingga yang muncul adalah pikiran yang tenang dan membuat anda tersenyum. Seperti halnya dengan HP atau komputer. Ketika HP dan komputer sudah tidak bekerja dengan baik (error) maka tentu perangkat tersebut butuh tindakan berupa di-restat (mulai dari awal kembali). Oleh karenanya teknik terbaik untuk me-restat pikiran kita adalah dengan cara tidak memikirkan itu semua sama sekali. Dengan tidak memunculkan hal-hal yang membuat pikiran anda bingung harus melakukan apa cukup pasrah saja.

Nah, selanjutnya jika anda sudah bisa pada kondisi netral lalu mulailah dengarkan suara batin anda. Dengarkan suara yang muncul tersebut dan jadikan suara tersebut sebagai penguat (afirmasi). Bagaimana agar afirmasi tersebut bisa di gunakan pula sebagai penyembuh?. Saya aka bahas di teknik selanjutnya…

Semoga teknik menghilangkan serangan panik yang pertama ini bermanfaat…

 

Hipnoterapijaksel

Read 1364 times Last modified on Sunday, 16 January 2022 23:26
Rate this item
(0 votes)

Lokasi Praktek

Hubungi Kami

logowaok

0812-8685-5700

Rumah Hipnoterapi Adam Hidayat

Jl. Masjid Al-Khoiriyah No.1, RT.3/RW.O1,

Pinang Ranti, Kec. Makasar, akarta Timur

JoomShaper